Samsung Galaxy V vs Motorola Moto E – Entah kebetulan entah tidak, Samsung dan Motorola sama-sama merilis produk low budget untuk pasar entry level pada kuartal keempat tahun 2014 ini. Keduanya dibandrol dengan harga Rp 1.299.000. Yang satu dinamakan Samsung Galaxy V dan yang lain Motorola Moto E.

Keduanya branded, keduanya mantap, yang satu datang dari raksasa Android nomor satu di dunia asal Korea Selatan, yang satu lagi berasal dari perusahaan asal Amerika Serikat yang sebelumnya pernah ‘disentuh’ oleh perusahaan pemilik Android, Google.

Mari kita tandingkan keduanya.

Samsung Galaxy V vs Motorola Moto E

Samsung Galaxy V vs Motorola Moto E Desain

Samsung Galaxy V dirilis pada Bulan September 2014 dengan fitur dualSIM dan dimensi keseluruhan 121.4 x 62.9 x 10.7 mm dengan bobot 123 gram, sedangkan Motorola Moto E sudah terlebih dahulu dirilis pada Bulan Mei 2013 dengan dimensi 124.8 x 64.8 x 12.3 mm dan bobot yang lebih berat 142 gram.

Display

Layar Galaxy V menggunakan teknologi TFT Capacitive Touchscreen dengan diagonal layar 4 inchi, resolusi 800 x 480 pixel dan kepadatan 233 ppi.

Dari segi display, Moto E mengungguli Galaxy V dengan layar 4.3 inchi yang sudah dibekali pelapis Corning Gorilla Glass 3, resolusi 960 x 540 pixel dan kedalaman mencapai 256 ppi.

Sistem Operasi

Samsung Galaxy V menggunakan sistem operasi Android 4.4.2 KitKat, sama dengan Motorola Moto E. Beda keduanya adalah pada fitur antarmuka. Samsung dikenal dengan TouchWiz UI sedangkan Motorola tentunya dengan Moto UI.

Tapi tidak berhenti di situ saja, Motorola dikabarkan siap memberikan update pada Moto E hingga KitKat versi 4.4.4, bahkan direncanakan akan naik ke Android 5.0 Lollipop.

Kamera

Kamera utama Galaxy V berlensa 3.15MP dan kamera depan hanya support hingga VGA. Di sisi lain, Moto E jelas unggul karena memiliki kamera dengan lensa hingga 5MP lengkap dengan fitur geotagging, panorama dan HDR.

Namun produk Motorola ini tidak memiliki kamera depan. Jika harus memilih, anda pilih yang mana, tanpa kamera depan atau menggunakan kamera depan namun hanya VGA? Buah simalakama, ya?

Prosesor

Kedua produk yang bersaing ini sama-sama menggunakan prosesor dual-core 1.2 GHz, Motorola Moto E menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 200 dengan GPU 302.

Samsung Galaxy V menggunakan baterai berkapasitas 1500 mAh, sedangkan Motorola Moto E menyematkan baterai berkapasitas 1980 mAh yang sayangnya Non-removable.

Penyimpanan

Baik Galaxy V maupun Moto E sama-sama dibekali dengan internal storage berukuran 4GB dan keduanya sanggup ditingkatkan kapasitasnya menggunakan memory card melalui slot yang disediakan. Bedanya, Galaxy V unggul karena sanggup menerima Sdcard berkapasitas hingga 64GB sedangkan Moto E hanya 32GB.