Oneplus Rilis Android Lollipop Alpha, Software ROM Pertama Mereka

Oneplus Rilis Android Lollipop Alpha, Software ROM Pertama Mereka – Tidak bisa dipungkiri berdasarkan berita yang beredar bahwa Oneplus sebagai pengembang ponsel cerdas dan rekan kerja mereka Cyanogen mengalami sedikit masalah komunikasi akhir-akhir ini.

Ada beberapa masalah yang timbul selama berlangsungnya kerjasama tersebut, yang paling terlihat adalah pada kasus India yang terjadi akhir-akhir ini. Oneplus tidak dapat mengapalkan ponsel mereka Oneplus One secara resmi ke India karena adanya perjanjian eksklusif antara Cyanogen dengan manufaktur lokal MicroMax, padahal India termasuk salah satu pasar yang cukup potensial.

Oneplus Rilis Android Lollipop Alpha, Software ROM Pertama Mereka

Oneplus Android Lollipop Alpha

Ketika Cyanogen melakukan klarifikasi bahwa hal tersebut bukan issue yang utama, beberapa minggu kemudian Oneplus One justru benar-benar dibanned di India karena perjanjian eksklusif Cyanogen dengan MicroMax tersebut. Banned berlangsung selama satu minggu sebelum akhirnya diangkat dan mereka yang ada di India dapat membeli kembali ponsel berspesifikasi handal dengan harga yang terjangkau itu.

Karena adanya masalah ini Oneplus akhirnya memutuskan untuk mengumpulkan beberapa orang software developer dan sedang berusaha merilis ROM software yang benar-benar lepas dari Cyanogen. Di awal tahun 2015 Oneplus resmi mengumumkan software pertama mereka, Android Lollipop Alpha yang dirilis pada forum mereka.

Ini merupakan untuk pertama kalinya Oneplus membangun custom ROM sendiri dan karena ini masih tahap yang benar-benar awal untuk Android Lollipop Alpha maka tentu masih banyak bug yang berserakan disana-sini. Belum ada fitur yang menarik sekali dari custom ROM ini, sehingga secara gamblang Android Lollipop Alpha masih berupa Android Lollipop tanpa sentuhan berarti.

Jika anda memiliki Oneplus One, Anda dapat melakukan flash software anda secara resmi melalui petunjuk yang ada pada forum mereka, ketika nantinya software ini resmi rilis untuk publik, Oneplus akan melakukan update secara Over-The-Air atau OTA. Jadi kalau anda masih belum ingin mengganti software Oneplus One anda, pakailah saja dulu dan tunggu hingga Android Lollipop Alpha yang stabil dan penuh fitur muncul beberapa bulan lagi.

Kenapa? Karena ini masih merupakan versi Alpha. Akan ada berember-ember bugs dan kesulitan pemakaian pada suatu waktu yang tentunya dapat merugikan anda. Berikut adalah beberapa kelemahan yang ditemukan hingga saat ini :

  • Data roaming menyala secara default, harus dimatikan supaya tidak terkena charge tambahan
  • Sudah diketahui secara umum bahwa melakukan flash pada ponsel dapat beresiko menyebabkan brick, pastikan anda membackup semuanya
  • Fitur kamera dan video masih belum stabil karena masih ada penyesuaian
  • Fitur jam masih sering crash
  • Wi-fi masih belum stabil
  • Ada sedikit masalah pada software key, seperti tidak mau off-nya tombol kapasitif, anda juga harus mengaktifkan software key terlebih dahulu jika ingin menggunakan fitur pin aplikasi yang ada pada Android Lollipop
  • Saat melakukan boot untuk pertama kali, waktu startup akan sedikit lambat. Oneplus tengah mencoba mempercepatnya

Serta masih ada beberapa bug lain yang muncul, setidaknya kemauan Oneplus untuk merilis custom ROM sendiri ini harus diacungi jempol sebagai upaya untuk menghindari kasus seperti di India kembali terjadi.

brandcode software,cara root rom brancode b73,cusrom evercoss a74b elevate x paling stabil,firmware lolipop 2 sim brancode,rom cross a7s
Oneplus Rilis Android Lollipop Alpha, Software ROM Pertama Mereka | rinto | 4.5