Cara Menambah RAM Di Smartphone Android

Cara Menambah RAM Di Smartphone Android – Sebelum masuk ke bahasan, pertama-tama marilah kita menyamakan persepsi. Smartphone manapun dengan sistem operasi yang bagaimanapun, bukanlah PC Desktop atau laptop yang bisa bongkar pasang alat dengan mudahnya.

Loading...

Berkaitan dengan Random Access Memory atau RAM, anda tidak akan pernah bisa mengganti RAM, menambah RAM atau mengubah RAM. Jadi jika RAM anda berukuran 512MB, anda tidak dapat membongkar gadget anda dan mengganti RAM untuk menambahnya menjadi 3GB.

Manufaktur ponsel cerdas sebelum memasarkan produknya tentu sudah mempertimbangkan kinerja yang akan bisa dicapai kala menempatkan ukuran RAM tersebut.

Cara Menambah RAM di Smartphone Android

Cara Menambah RAM di Smartphone Android

Yang bisa anda lakukan sebenarnya adalah memaksimalkan kinerja RAM, ini bisa dicapai dengan cara membuat virtual memory. Bisa melalui metode Swap File, Swap Partition atau ZRAM. Fungsi dari virtual memory ini adalah sebagai RAM pendamping yang akan membantu kinerja internal RAM.

Salah satu contoh menambah RAM pendamping adalah dengan melakukan Swap File, yakni menggunakan sisa free storage sebagai RAM tambahan untuk meningkatkan kinerja. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk fungsi ini, misalnya dengan menggunakan Swapper for Root atau RAM Manager Pro.

Berikut adalah contoh penggunaan Swapper for Root

  • Pertama, perangkat android anda harus sudah dalam kondisi rooted.
  • Download aplikasi Swapper for Root lalu install ke perangkat anda.
  • Buka Swapper for Root.
  • Pilih Active Swap on Boot.
  • Pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition.
  • Isi dengan jumlah kapasitas Swap yang anda inginkan, besarnya kapasitas Swap File tergantung dari sisa free space memory eksternal atau sisa kapasitas SDcard anda.
  • Save
  • Tunggu hingga Swap File selesai dibuat.
  • Reboot perangkat Android anda.

Yang harus diingat adalah apapun metode yang anda pakai untuk melakukan penambahan RAM ini, cara tersebut memiliki resiko yang cukup tinggi. Penggunaan virtual memory dengan memanfaatkan sisa free storage SDCard di atas misalnya, dapat mengurangi usia SDcard karena penggunaan terus menerus.

Bagaimana dengan cara yang lain? Jika Swap File memanfaatkan memory SD Card maka ZRAM memanfaatkan memory internal alias sisa internal storage anda. Cara ini juga beresiko karena anda tidak akan mendapatkan sisa ruang lega lagi. Saran kami, lakukanlah hal ini jika anda benar-benar terpaksa dengan kapasitas RAM anda yang amat sangat terbatas.

Demikian cara menambah RAM di smartphone Android.

cara menambah ram android,cara menambah ram,cara menambah ram di android,cara menggunakan swapper for root,menambah ram android,cara upgrade ram android,cara swap ram,cara swap ram android,cara menambah ram hp android,cara menambah ram hp
Cara Menambah RAM Di Smartphone Android | rinto | 4.5