Cara Membuat Virtual Memory Android

Cara Membuat Virtual Memory Android – Kehadiran handphone Android ternyata berdampak menyemarakkan pengguna internet, jika dulu masyarakat masih awam dengan komputer dan belum banyak yang mengetahui cara mengoperasikan komputer maka dengan adanya smartphone Android itu jadi masalah basi sebab tergolong sangat mudahlah menggunakan smartphone Android sebagai komputer.

Pada awal dimunculkannya memang gadget Android ditanami menggunakan spesifikasi tergolong biasa, namun coba lihat kini bertumpuk spesifikasi serta fitur mengagumkan telah tersematkan dalam tubuh gadget pintar yang mengusung kinerja platform robot hijau buatan Google tersebut didalamnya.

Cara Membuat Virtual Memory Android

Cara Membuat Virtual Memory Android

Kemajuan jaman dengan teknologinya lantas tidak membuat semua orang bisa menikmati seperti saya contohnya yang saat ini masih menggunakan perangkat gadget Android dengan RAM 1GB. Mungkin mendengar ini akan ada yang tertawa, namun memang itulah kenyataannya.

Walaupun kenyataannya menggunakan handphone dengan RAM hanya 1GB tetap lancar kok dipakai melakukan segala kegiatan bahkan main game online Arena of Valor. Hal ini tak luput dari berbagai macam cara dilakukan guna meningkatkan kinerja Android.

Sebenarnya ada kok cara – cara mumpuni guna mengoptimalkan kinerja handphone Android, salah satunya ya seperti judul kita diatas yakni Cara Membuat Virtual Memory Android. Nah apakah anda tahu tuh apa virtual memori? Ya, saya anggap belum tahu lah ya jadi saya ceritakan bih apa itu virtual menurut imajinasi saya sendiri.

Yang dimaksud dengan virtual memori adalah memori bayangan yang dipakai untuk boosting memori RAM utama di smartphone Android. Misalnya saya menggunakan handphone Android RAM 1GB ketika mulai mengoperasikan virtual memori maka akan jadi semakin lancar hampir – hampir berasa seperti 2GB-an lah.

Ada banyak langkah juga untuk bisa mulai membuat virtual memori di smartphone Android, seperti salah satunya kita bahas berikut ini ya.

  1. Pertama silahkan anda mendowload terlebih dahulu aplikasi RAM Manager di Google Play Store melalui smartphone Android anda.
  2. Selanjutnya pasang aplikasi RAM Manager dan buka.
  3. Setelah itu, pilih tab extra lalu centang lock launcher in memory dan set on boot.
  4. Pilih swap file dibagian tab extra, rekomendasi untuk menggunakan memory eksternal tulis saja storage/extsdcard kemudian pilih berapa ukuran memory yang akan di swap/partisi.
  5. Berikutnya anda pilih confirm dan proses partisi pun akan berjalan otomatis.
  6. Tunggu hingga selesai dan kemudian reboot perangkat smartphone Android anda.
  7. Apabila proses sukses maka di file manager memory external terdapat file bertuliskan “swapfile”. File tersebut jangan di hapus ya sebab itu adalah bantuan partisi untuk meningkatkan kinerja memori RAM utama anda.
  8. Selesai.

Nah sekarang coba perhatikan akankah ada perubahan? Jelasnya ada kan walau sedikit, jadi mau main game online seperti Arena of Valor? Tak usah khawatir lagi kan.

Demikian sedikit ulasan yang bisa saya sampaikan kepada anda semua, jangan lupa kasih koment dan juga share ya, terimakasih.

NOTE: Handphone harus sudah Root ketika menggunakan cara diatas.

Cara Membuat Virtual Memory Android | aris | 4.5
/* */