Berkenalan Dengan 4G, Sebenarnya Apa Itu 4G?

Berkenalan Dengan 4G, Sebenarnya Apa Itu 4G? – Makin hari makin sering kita mendengar istilah koneksi 4G, lalu ada juga beberapa operator seluler di tanah air yang telah menawarkan 4G yang koneksinya ‘amat cepat’. Namun sebenarnya apa sih 4G? Apa bedanya dengan 3G? Apa kita harus mengganti ponsel untuk bisa mengakses jaringan 4G?

Mari pelan-pelan kita coba telaah. Pertama tentang apa itu 4G, 4G sebenarnya adalah singkatan dari istilah Fourth-Generation Technology. Istilah yang umumnya digunakan mengacu pada standar teknologi telepon seluler yang menggunakan jaringan broadband ultra sebagai pengembangan dari teknologi 2G dan 3G yang sebelumnya dipakai.

Memangnya sebelumnya pernah pakai apa saja? Secara singkat generasi pertama adalah ponsel analog yang menggunakan jaringan seluler, sedangkan 2G atau generasi kedua adalah standar komersial berformat digital seperti GSM dan CDMA. Lalu 3G adalah peningkatan dari 2G dengan memanfaatkan teknologi digital dengan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi untuk aplikasi multimedia dengan broadband, contoh untuk koneksi ini misalnya WCDMA atau UMTS dan CDMA EV-DO.

Berkenalan Dengan 4G

Berkenalan Dengan 4G LTE

Di antara teknologi jaringan di atas, ada pula pengembangan teknologi terselip misalnya 2.5G yang menggunakan GPRS dan EDGE dan sebelum masuknya 4G, kita juga mengenal HSDPA yang sering disebut sebagai teknologi 3.5G. HSDPA adalah teknologi yang saat ini umum digunakan oleh ponsel cerdas kebanyakan. Kemampuan dari teknologi ini memungkinkan lalu lintas data cukup besar hingga 14.4 Mbps.

Kembali ke 4G, berdasarkan wikipedia disebutkan bahwa 4G adalah sistem berbasis IP terintegrasi penuh dengan memanfaatkan konversi teknologi kabel dan nirkabel yang mampu menghasilkan kecepatan 100 Mbps hingga 1 Gbps baik di dalam ataupun luar ruangan dengan kualitas dan keamanan tertinggi untuk saat ini.

Teknologi yang sudah diakui sebagai Fourth-Generation Techology ini adalah Ultra Mobile Broadband atau UMB, WiMax dan LTE dimana ketiganya memanfaatkan paket IP dan menunjukkan peningkatan dari standar 3G.

Dengan menggunakan 4G semua teknologi yang diusung akan berkomponen jaringan digital, lebih kuat dalam jaringan keamanan data, bandwidth besar yang menunjang multimedia namun hemat biaya dan menggunakan jaringan packet-switched.

Berkenalan Dengan 4G

Koneksi LTE misalnya, menawarkan kecepatan mengunduh hingga maksimal 300 Mbps dan 75Mbps untuk mengunggah serta memberikan peningkatan kecepatan transmisi secara menyeluruh. Secara awam dapat dibilang koneksi jadi lebih cepat – sangat cepat malah hingga 3x lipat dibandingkan generasi sebelumnya, main game makin lancar dan stabil, download file dan video makin cepat, streaming tidak mudah terputus dan buffering makin ringan, video call juga makin lancar.

Satu hal yang disayangkan, perangkat anda juga harus dipastikan bisa mengakses teknologi 4G ini. Memang banyak sekali pilihan ponsel generasi terbaru yang sudah mampu memanfaatkan 4G LTE namun hingga saat ini masih terbatas pada ponsel high-end, tercatat Nokia Lumia dan Xiaomi mulai menawarkan ponsel 4G dengan harga cukup terjangkau.

Nah, setelah berkenalan dengan teknologi 4G. Siapkah anda menyambutnya?

apakah hp 3g bisa 4g,bisakah hp 3g menjadi 4g,apa itu hp 4g,cara upgrade jaringan 3g ke 4G,cara menggunakan hp 4g,apakah paket 4g bisa dipakai di 3g,cara upgrade 3g ke 4g,Cara mengakses jaringan 4G,cara merubah jaringan 3G ke 4G,cara memakai hp 4G
Berkenalan Dengan 4G, Sebenarnya Apa Itu 4G? | rinto | 4.5